Selasa, 07 Juli 2015

The "Heritage" Kota Pelabuhan "Pasuruan"



Menurut sejarah, yang aku kutip dari official website http://www.pasuruankab.go.id/pages-6-sejarah-singkat-kab-pasuruan.html, cikal bakal lahirnya Pasuruan berasal dari kerajaan Kalingga yang dipimpin oleh seorang raja bernama Sima pada tahun 742 - 755 Masehi, kemudian tumbuh pesat setelah berdirinya kerajaan Mataram Kuno pada tahun 856 Masehi. Hingga sekarang telah banyak prasasti-prasasti yang menjelasakan tentang itu semua.

Pasuruan mendapat julukan "Kota Santri" dikarenakan kelegendarisan Kota Pasuruan saat masa hidupnya seorang kyai mayur yang bernama Kyai Abdul Hamid Alm.Beliau sosok seorang Kyai yang sangat disegani dan terkenal hingga seluruh nusantara serta negara-negara islam disekitar Indonesia.

Pasuruan merupakan kota dengan letak geografis dataran rendah. sehingga bisa dibayangkan betapa hangatnya kota ini di siang hari, dan betapa lembabnya cuaca di malam hari. Tak khayal sering berkeringat walau tak sedang joging :D.

Kota Pasuruan memiliki berbagai makanan dan minuman khas yang telah terkenal di seluruh pelosok negri. Diantaranya ada Bipang, makanan manis yang membuat penikmatnya akan merasa ketagihan, kemudian Kupang Keraton, makanan seafood yang menjadi primadona dikalangan penguasa pribumi di masa lalu, kemudian minuman jamu bonagung, jamu tradisional racikan asli wong Pasuruan yang dapat menghilangkan dahaga dan memberikan kesegaran serta kesehatan bagi para penikmatnya. Ada pula roti Matahari, sebuah roti sederhana yang nama dan citarasanya hingga ke negeri Belanda, dan menjadi primadona di kalangan pejabat belanda di Pasuruan saat itu, dan bahkan saat ini telah menyebar di Belanda dengan kemasan berbeda, namun nama Roti Matahari tetap melegenda hingga saat ini.
demikian sejara Kota Pasuruan dan berbagai warisan budaya di dalamnya. Sebenarnya masih banyak lagi something special dari Kotaku tercinta, namun akan aku bahas di kesempatan selanjutnya yang tak tau kapan... :D
Bye bye...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar